Sabtu, 24 Mei 2014

Outbound "BMT BERKAH SYARIAH BAUBAU" Positif Karakter Building for The Best Team



OUTBOUND TRAINING
 “BMT BERKAH SYARIAH BAUBAU
“Positive Character Building for The Best Team”
Bersama : Sylva Adventure Provider Outbound Training Baubau

 

Outbound Training BMT Berkah Syariah Baubau dengan tema “Positif Caracter Building for The Best Team”  sedianya acara ini akan diikuti sesuai perjanjian sebanyak 30 orang peserta, namun karena satu dan lain hal yang hadir hanya 17 orang. Dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2014 di Buper & TreeTop Samparona yaitu sebuah areal perkebunan rakyat yang dirubah menjadi Buper (Bumi Perkemahan) dibangun di areal seluas 12 ha dan di sekitarnya ditumbuhi pohon pinus (Pinus Merkusii) milik pemerintah dan jati (Tectona Grandis) milik penduduk setempat, terletak di Desa Kaisabu Kecamatan Sorawolio Kota Baubau.  Buper Samparona dibangun dalam rangka adanya program nasional Kwarnas (Kwartir Nasional) Pramuka yakni kegiatan PERKEMPINAS (Perkemahan Putri Nasional) pada tahun 2010, dimana Kota Baubau ditunjuk sebagai tuan rumah. Di areal Pinus dengan bahasa latin Pinus merkusii inilah dibagun wahana outbound higth rope oleh Dinas Pariwisata Kota Baubau yang kami beri nama TreeTop Samparona. 

 “BMT Berkah Syariahmerupakan lembaga keuangan syari'ah yang memberikan alternative bagi masyarakat dalam pengelolaan dana. BMT dibangun dengan konsep yang bertujuan untuk mengangkat kualitas ekonomi dengan mamajukan kemandirian ekonomi yang dijalankan berdasarkan prinsip syariah Islam.

Sylva Adventure” adalah provider atau penyedia program Outbound Training yang pertama di Kota Baubau. Didirikan pada bulan Februari 2012 yang lalu, sekarang ini masih harus bekerja ekstra untuk mempromosikan dan memasarkan produk jasa berupa program-program pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia yang berasakan Experiential Learning atau Learning by doing  melalui simulasi permainan/games yang fun dan penyegarkan. Sylva Adventure memiliki misi ke depan “Menjadi Provider Outbound Training Terkemuka di Indonesia Timur dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis Experiential Learning tahun 2020”.

Fasilitator & Instruktur Sylva Adventure


Tahapan pelaksanaan Outbound Training
“BMT Berkah Syariah Baubau
Persiapan :

-         Pada hari Selasa 28 Januari 2014 mendapat informasi dari Direktur BMT Berkah Syariah Bapak Haris Ilman bahwa BMT rencana  akan melaksanakan outbound pada hari Sabtu tanggal 1 Februari 2014 dan meminta kami sebagai EO-nya. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi di kantor BMT membahas rencana persiapan dan pelaksanaan OT pada hari Sabtu tanggal 1 Februari 2014 serta menetapkan lokasi yang dipilih yakni Buper & TreeTop Samparona.
-      
               Pada hari Jumat ba’dah shalat Jumat tim fasilitaor Sylva Adventure meluncur Samparona survey lokasi dan memasang beberapa game untuk digunakan keesokan harinya. Pukul 17.30 kembali ke Baubau dan mempersiapkan segala kebutuhan, alat dan perlengkapan yang akan digunakan.

-           Hari Sabtu pagi Tim Fasilitator dan Instruktur Sylva Adventure meluncur ke Samparona menggunakan 4 buah sepeda motor, tiba dilokasi sekitar pukul 08.10 peserta belum ada di lokasi. Sambil menunggu peserta OT datang fasilitator menyiapkan arena games yang rencana akan dimainkan dan memasang  spanduk.
-          Sekitar pukul 10.30 peserta baru tiba di lokasi dan games outbound training dimulai.


Pelaksanaan :

Pukul 10.30 Kegiatan OT dimulai dengan membuat lingkarang barisan
untuk opening games seremony
 Sambutan dari Direktur BMT Berkah Syariah sekaligus membuka acara dengan resmi


Selanjutnya membentuk lingkaran merupakan rantai persatuan untuk
persiapan stressing dan ice breaking bertujuan untuk pemanasan dan pelemasan otot-otot sebelum melakukan aktifitas game yang lebih berat.
 



Game ice breaking pertama adalah “Jebakan Angka” melatih konsentrasi dalam setiap pekerjaan dan kecepatan bertindak dalam setiap saat 


Games Ice Breaking selanjutnya adalah “Semut Gajah”
untuk melatih konsentrasi dan otak kanan
 


 Game “Lingkaran Kecil dan Lingkaran Besar” untuk pemanasan otot, melatih konsentrasi, kecepatan mengambil keputusan dan jelih melihat peluang dan kesempatan.
  
Game “Sinergi” untuk melatih kebersamaan dalam mencapai tujuan dengan saling percaya pada rekan kerja dalam tim.
 


Game “Menangkap Jari”
 
 Game “All Stund up”
  


   Penampilan Yell-yell masing-masing group untuk memberi semangat.
Group Pinus
  


Group Cabe-cabe


Group Jati

   Game “Maju Kena Mundur Kena”
  

 Game “SAR (Search And Rescue)”


Game bonus “Bongkar Pasang”


 Diskusi Ringan “Korelasi Games (Meteri Latihan) dengan Kegiatan Sehari-hari di Kantor

Game “Alkatraz”

  Pukul 12.30 Ishoma
Game “Spider Web”

Higt Rope Games “Flying Fox”
  
Higt Rope Games “Jembatan V”
 

Higt Rope Games “Air Walk”
    

Higt Rope Games “Rapelling”
 Game Higt rope (flying fox, Jembatan V dan Air Walk) serta rappelling sangat menegangkan 
dan memacu adrenalin, membuat beberapa peserta gemetaran dan teriak-teriak.
Untuk Wahana Flying fox Sebagian besar peserta mencoba dan merasakan sensasi melayang terbang di selah-selah rimbunnya tegakan Pinus merkusii, dan hanya beberapa orang saja yang berani mencoba wahana Jembatan V dan Air Walk yang diakhiri dengan rappelling akan merasakan sensasi berjalan di udara pada seutas tali dan tangga-tangga bergoyang yang menegangkan.

Dirancang di ketinggian antara 8 s/d 10 m dpt, dengan tiang penyangga pohon pinus hidup 
akan memberikan sensasi tersendiri bagi yang berani mecoba, sehingga output dari kegiatan ini lebih ditekankan pada peningkatan  mental personal, problem solving dan yang lebih utama adalah
 berani melawan rasa takut pada kemampuan diri.

Jam menunjukan pukul 14.30 games higt rope baru saja selesai dan selanjutnya peserta berkumpul di bawah pohon pinus untuk membubuhkan tanda tangan di atas spanduk kegiatan sebagai bukti bahwa peserta mengikuti kegiatan hingga akhir sekaligus closing game.
 

 




Testimoni ….  Bersama Sylva Adventure Outbound Baubau

Ada beberapa point penting dari kegiatan kita kali ini yang dapat kita jadikan pegangan dalam kehidupan sehari-hari  :
1. Kita harus penuh dengan semangat, yaitu semangat kerja, ini  sangat penting dan yang kita butuhkan
2.       Kemampuan yang professional seperti yang disampaikan oleh Bapak Direktur Sylva Adventur itu yang sangat kita butuhkan
3.       Itu juga tidak cukup harus ada sinergitas yang perlu dibangun, team work (kerjasama tim) yang saya butuhkan sangat penting baik sebagai marketing maupun operasional, kebersamaan akan menghasilkan lebih dari biasanya.
4.       Dalam kegiatan ini meskipun modelnya fun games atau refresing namun diharapkan bagaimana team work dalam bentuk games yang telah kita lakukan dapat teraplikasi dalam dunia kerja kita sehari-hari,
5.       Dalam mengikuti games selanjutnya diharapkan kita harus lebih focus agar lebih terasa manfaatnya bagi kita semua.

               Haris Ilman, SE
    (Direktur BMT Berkah Syariah Baubau)

 
”BMT Berkah Syariah”...........” Insyah Allah Sukses”
 
 Sylva Adventure”…….... luar biasa, sukses selalu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar