Kamis, 18 Oktober 2012

Outbound Training “TIM BULDING BMT AMANAH 2012”




Bersama : Sylva Adventure Provider Outbound Training Baubau


Outbound Training “Tim Bulding BMT Amanah 2012” diikuti sebanyak 30 orang peserta, dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2012 yang sempat tertunda selama satu pekan, rencana awal tanggal  28 April 2012 di Langit Biru yaitu sebuah hotel atau bungalow di Pantai Lakeba Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari Kota Baubau. Langit Biru didesign dengan konsep modern dengan pantai berpasir putih berhadapan langsung dengan selat Kadatua.
“BMT Amanah” merupakan lembaga keuangan mikro syari'ah, yang bergerak dalam upaya memberdayakan umat secara kebersamaan melalui kegiatan simpanan dan pembiayaan serta kegiatan-kegiatan lain yang berdampak pada peningkatan ekonomi anggota dan mitra binaan ke arah yang lebih baik, lebih aman, serta lebih adil.

Sylva Adventure” adalah provider atau penyedia program Outbound Training yang pertama di Kota Baubau. Didirikan pada bulan Februari 2012 yang lalu, sekarang ini masih harus bekerja ekstra untuk mempromosikan dan memasarkan produk jasa berupa program-program pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia yang berasakan Experiential Learning atau Learning by doing  melalui simulasi permainan/games yang fun dan penyegarkan. Sylva Adventure memiliki misi ke depan “Menjadi Provider Outbound Training Terkemuka di Indonesia Timur dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis Experiential Learning tahun 2020”.

Fasilitator Sylva Adventure


Tahapan pelaksanaan Outbound Training
“Tim Bulding BMT Amanah 2012”
Persiapan :

-        Pada hari Jumat tanggal 4 Mei 2012 rapat koordinasi dengan Direktur Pelaksana BMT Amanah Bapak Haris Ilman membahas rencana persiapan dan pelaksanaan OT pada hari Sabtu tanggal 5 Mei 2012 serta menetapkan lokasi yang dipilih yakni Langit Biru.
-        Pada hari Sabtu pagi tim fasilitaor Sylva Adventure meluncur ke Langit Biru menggunakan 4 buah sepeda motor, tiba dilokasi sekitar pukul 07.30 karena menunggu hujan redah. Sambil menunggu peserta OT datang fasilitator menyiapkan arena games yang rencana akan dimainkan pada hari itu antara lain Donut Tower, Paralon Bolong dan Bartender, spanduk kegiatan juga sudah terpasang dibagian pojok halaman hotel.
-        Sudah beberapa jam di lokasi peserta belum juga datang setelah dikonfirmasi ternyata masih menunggu sebagian peserta yang datang dari Lombe dan Mawasangka baru menyeberang dari Wamengkoli via Verry ke Baubau, hujan pun belum berhenti sekitar pukul 11.30 peserta baru tiba dilokasi, karena sudah hampir waktu ISHOMA, maka diputuskan untuk ISHOMA dulu baru games dimulai.


   Sebelum peserta datang untuk mengisi waktu sebagian fasilitator bermain bola, jalan-jalan ke pinggir pantai sambil foto-foto mengabadikan moment-moment penting saat itu.

Sekitar pukul 11.30 peserta datang, setelah koordinasi dengan Direktur BMT, maka diputuskan untuk Ishoma dulu baru dilanjutkan games, saat itu juga mulai dilakukan kegiatan persiapan lunch yaitu bakar ikan di tempat yang telah disiapkan oleh pihak hotel.

Pukul 13.30 Kegiatan OT dimulai dengan membuat lingkarang besar dan lingkaran kecil

Games dilanjutkan dengan terapi tawa ( Chiii...... Huiii...)

Games Rantai Persatuan (ganjil genap) terpisah antara peserta akhwat dan ikhwan.

Games Ice Breaking (Rantai Persatuan dan Trust Fall)

Grouping dengan membagikan kupon dan slayer 4 warna yaitu untuk Akhwat warna biru dan hijau sedangkan untuk group Ikhwan warna kuning dan pink (merah jambu).

Berkumpul berdasarkan suara tiruan binatang sesuai yang ada pada kupon yang dibagikan.

Penampilan Yell-yell masing-masing group Akhwat

Penampilan Yell-yell masing-masing group Ikhwan

“BMT Amanah Insyah Allah Sukses”
Pencabutan lot untuk memulai game Evakuasi oleh masing-masing Leader

Game Evakuasi 
Game Bartender (Pramusaji Hebat)
Game Paralon Bolong
Game Water Tower

Jam menunjukan pukul 16.00  :
Continuous Improvement yaitu diskusi dan persentase kelompok tentang
korelasi materi latihan terhadap kondisi riil dalam perusahaan dan
menampung aspirasi peserta untuk kemajuan perusahaan

"BMT Amanah...............  Insyah Allah Sukses”

“Hari ini baru saja kita mengikuti kegiatan Oubound Training bersama Sylva Adventure, ini adalah momen yang sangat luar biasa. Dari game2 yang kita ikuti jika kita cermati lebih dalam banyak makna dan manfaat yang dapat kita petik : kita dilatih untuk konsentrasi, fokus pd suatu pekerjaan, kerjasama tim/kekompakan, percaya pada kemampuan diri sendiri, percaya pada teman kerja, melatih kekutan fisik, semua ini sangat bermanfaat dalam pengembangan SDM dunia kerja”.

“Sylva Adventure”  luar biasa, sukses selalu.

Clossing “Sayonara”  : Pukul 16.30 
Foto Bersama sebelum kembali ke tempat masing-masing.


 Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Sylva Adventure untuk menjadi EO pada acara Outbound Training “Tim Bulding BMT Amanah 2012” semoga bermanfaat bagi pengembangan SDM dalam mencapai target-target yang ditetapkan dimasa yang akan datang dan harapan kami semoga ini merupakan titik awal dari garis panjang kerjasama antara
 BMT Amanah dengan Sylva Adventure
 Provider Outbound Baubau

Salam Semangat Pagi "Sukses Selalu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar