Kamis, 10 April 2014

Outbound Training "FAMILY DAY PT. MACF (Mega Auto Central Finance)" Cabang Baubau



OUTBOUND TRAINING
 FAMILY DAY PT. MACF  (Mega Auto Central Finance)
Cabang Baubau
Bekerjasama dengan :  
Sylva Adventure
       Provider Outbound Training Baubau

Outbound Training Family Day PT. MACF Kantor Cabang Baubau diikuti sebanyak 60 orang peserta, dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2014 di Buper & TreeTop Samparona yaitu sebuah areal perkemahan atau Buper (Bumi Perkemahan) pramuka dengan beberapa wahana outbound High Ropes, lokasi ini berada di Desa Kaisabu Kecamatan Sorawolio Kota Baubau.  Buper Samparona dibangun di areal seluas 12 ha dan di sekitarnya ditumbuhi pohon pinus (Pinus Merkusii) milik pemerintah dan jati (Tectona Grandis) milik penduduk setempat, terletak di Desa Kaisabu Kecamatan Sorawolio Kota Baubau. Buper Samparona dibangun dalam rangka adanya program nasional Kwarnas (Kwartir Nasional) Pramuka yakni kegiatan PERKEMPINAS (Perkemahan Putri Nasional) pada tahun 2010, dimana Kota Baubau ditunjuk sebagai tuan rumah. Di areal Pinus dengan bahasa latin Pinus merkusii inilah dibagun wahana outbound higth rope oleh Dinas Pariwisata Kota Baubau yang kami beri nama TreeTop Samparona. 

Outbound Training Family Day PT. MACF Kantor Cabang Baubau merupakan salah satu momentum silaturahmi sekaligus apresiasi terhadap kinerja karyawan selama tahun 2013. Pada moment ini pula dilakukan penyerahan penghargaan terhadap karyawan-karyawan yang berprestasi dengan harapan dapat meningkatkan kualitas kerja dan prestasi di tahun 2014. Dan yang tak kalah seruh dan mengesankan adalah game-game yang lucu, kocak, menyegarkan dan menggembirakan selain itu ada juga game yang berat, penuh tantangan yang memacuh adrenalin. Semua ini terlaksana berkat kerjasama yang terjalin antara PT. MACF Cabang Baubau dengan Sylva Adventure provider outbound Baubau.

Sylva Adventureadalah provider/penyedia atau Event Organizer (EO) program Outbound Training yang pertama di Kota Baubau, menyelenggarakan program-program pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia yang berazakan Experiential Learning atau Learning by doing  melalui simulasi permainan/games yang fun dan penyegarkan, penuh rintangan dan tantangan yang dapat memacu adrenalin. Didirikan pada bulan Februari 2012 dan sejak tanggal 11 November 2013 telah dikukuhkan dengan Akta Notaris LM. Taufik, SH Nomor 13 tanggal 11-11-2013 di bawah naungan CV. Sylva ADVENTURE Indonesia.

Sylva Adventure" sekarang ini masih harus bekerja ekstra untuk mempromosikan dan memasarkan produk jasanya untuk lebih dikenal di kalangan masyarakat maupun pemerintah daerah. Sylva Adventure memiliki misi ke depan “Menjadi Provider Outbound Training Terkemuka di Indonesia Timur dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis Experiential.


Fasilitator Sylva Adventure


Tahapan pelaksanaan Outbound Training
FAMILY DAY PT. MACF Cabang Baubau

Persiapan :
-   
           Pada hari Selasa tanggal 24 Desember 2013 dapat informasi dari teman bahwa ada yang akan menggunakan jasa Sylva Adventure untuk kegiatan outbound sekaligus menanyakan fee organizernya serta proses tawar menawar, dan keesokan harinya tanggal 25 Desember 2013 deal.
-   
     Tanggal 26 Desember 2013 baru tahu yang akan gunakan jasa Sylva ADVENTURE adalah PT. MACF Cabang Baubau dan diundang ketemu Kepala Cabang di kantornya. Pada saat itu dibahas mengenai  maksud dan tujuan serta metode pelatihan yang akan digunakan yang pada prinsipnya  adalah menyamakan presepsi dan penetapan jadwal pelaksanaan yaitu tanggal 5 Januari 2014.
-    
        Pada hari Jumat tanggal 3 Januari 2014 perjalan dari Pasarwajo singgah di Buper dan TreeTop Samparona survey awal untuk menentukan lokasi pembukaan dan ice breaking games yang cocok serta penyesuaian games yang akan dimainkan dan mempersiapkan beberapa kebutuhan alat dan bahan yang akan digunakan.
- 
         Pada hari Sabtu sekitar pukul 09.00 sehari sebelum hari H, bersama Kepala Cabang Pak Arman bersama istri dan 3 orang stafnya, melakukan survey lokasi di Buper dan TreeTop Samparona untuk mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan demi kelancaran kegiatan keesokan harinya. Pukul 12.30 pulang kembali ke Baubau, dan pada pukul 15.30 kembali la gi ke lokasi untuk membuat toilet darurat serta memasang game Speder Web, kembali ke Baubau pukul 18.00 Wita.


Pelaksanaan :

-          09.00 Kegiatan dimulai dengan membuat lingkaran untuk opening games.

 

-          Sepatah kata disampaikan oleh Kepala Cabang PT. MACF Cabang Baubau sekaligus membuka secara resmi Outbound Training “Family Day”

-          Pukul 09.15 Games pertama Ice breaking untuk memecah kebekuan suasana dan meregangkan otot-otot serta membuat suasana lebih fun untuk menjalankan games selanjutnya dimulai dengan pembuat rantai persatuan (ganjil genap) & Sinergi

  Sapi Gajah dan Gajah Semut
 
-          Selanjutnya Pukul 09.30 Grouping diawali dengan membagian gulungan kertas berwarna kuning bertuliskan : 1. Kambing, 2. Sapi, 3. Kucing, 4. Ayam Betina, 5. Tokek & 6. Anjing, kemudian dilakukan games Animals Family berkumpul dengan menirukan suara sesuai nama-nama tersebut di atas yang selanjutnya menjadi nama-nama kelompok untuk games selanjutnya.

Break sejenak kurang lebih 10 menit untuk memilih ketua kelompok sekaligus membuat  “yell-yell” untuk penyemangat pada games selanjutnya. Setelah semua kelomok siap, maka yell-yell ditampilkan masing-masing :  
Group Kambing dan Sapi
  
 
Group Kucing dan Ayam Betina


 Games selanjutnya Maju Kena Mundur Kena
 


Game “Rantai Berjalan”

 
How Long You Can Do

 

Paralon Bolong
 
  Game "Karapan Sapi
 






Game Spider Web



Game Flying Fox

Jembatan “V”

 Air Walk


Rappeling

 

Game Hight rope (flying fox, Jembatan V dan Air Walk) serta rappelling sangat menegangkan dan memacu adrenalin, membuat beberapa peserta gemetaran dan teriak-teriak,
Untuk Wahana Flying fox Sebagian besar peserta mencoba dan merasakan sensasi melayang terbang di selah-selah rimbunnya tegakan Pinus merkusii, dan hanya beberapa orang saja yang berani mencoba wahana Jembatan V dan Air Walk dimana akan merasakan sensasi berjalan di udara pada seutas tali dan tangga-tangga bergoyang yang menegangkan dan diakhiri dengan rappelling yaitu meluncur pada seutas tali dengan teknik-teknik tertentu.

Dirancang di ketinggian antara 8 s/d 10 m dpt, dengan tiang penyangga pohon pinus hidup akan memberikan sensasi tersendiri bagi yang berani mecoba, sehingga output dari kegiatan ini lebih ditekankan pada peningkatan  mental personal, problem solving dan yang lebih utama adalah berani melawan rasa takut pada kemampuan diri.

Jam menunjukan pukul 15.30  games flying fox baru saja selesai dan selanjutnya peserta berkumpul membuat lingkaran di bawah pohon pinus untuk closing game sekaligus 
Continuous Improvement yaitu diskusi dan persentase kelompok tentang
korelasi materi latihan terhadap kondisi riil dalam perusahaan dan
menampung aspirasi peserta untuk kemajuan perusahaan


Diselah-selah acara panitia intern PT.MACF melakukan satu seremony penyerahan hadiah bagi karyawan yang berprestasi dalam bidangnya masing-masing serta mewakili kantor unitnya masing-masing.







Pada kesempatan itu pula Tim Fasilitator  Sylva Adventure menyerahakan kenang-kenangan kepada Manajer PT. MACF berupa plakat sebagai tanda kerjasama
yang telah terjalalin sekarang dan yang akan datang

Kemudian dilanjutkan dengan renungan yang dibawakan oleh Manejer PT. MACF diiringi lagu "Kemesraan" yang begitu menyentu perasaan sehingga sebagian besar peserta tak terasa meneteskan air mata penuh keharuan dan diakhiri saling jabat tangan dan berpelukan....





Dengan berakhirnya kegiatan ini maka seluruh rangkaian kegiatan Outbound Family Day PT. MACF ditutup

 “Sayonara”  : Pukul 16.0

Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Sylva Adventure untuk menjadi EO pada acara Outbound Training Family Day PT. MACF Cabang Baubau” semoga bermanfaat dan dapat mempererat ikatan silaturahmi dan keakraban antara sesama karyawan, karyawan dan pimpinan di lingkungan kerja dan kehidupan sehari-hari.  

Harapan kami semoga ini merupakan titik awal dari garis panjang kerjasama antara  PT. MACF (Mega Auto Central Finance) Cabang Baubau dengan Sylva Adventure Provider Outbound Baubau dan diharapkan dapat bekerja sama dalam mempromosikan ke berbagai kalangan dan instansi.

Salam Sukses  “Semangat Pagi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar